HARI GIZI NASIONAL KE-57


HARI GIZI NASIONAL 2017






Hari Gizi Nasional (HGN) yang diperingati setiap 25 Januari merupakan agenda penting bagi Pemerintah Indonesia dalam rangka untuk mensosialisasikan program Perbaikan Gizi Nasional. Peringatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi demi kelangsungan hidup yang sehat dan berkualitas. Tema HGN kali ini yaitu “Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat dan Berprestrasi” dengan sub tema meningkatkan konsumsi sayur dan buah. Oleh karena itu sebagai calon tenaga kesehatan khususnya dalam bidang gizi, mahasiswa politeknik kesehatan kemenkes semarang melakukan long march sebagai aksi nyata untuk menyosialisasikan tentang pentingnya makan buah dan sayur bagi masyarakat yang diadakan pada Minggu, 22 Januari 2017 pada acara car free day di Simpang Lima.





HGN yang ke-57, diperingati dengan melakukan long march pada event car free day hari minggu kemarin. Long march dilakukan mulai dari titik kumpul mahasiswa yang berada di depan Citibank. Kemudian long march dilanjutkan dengan memutari Bundaran Simpang Lima dua kali. Pada saat rombongan berjalan, para mahasiswa menyanyikan yel-yel yang mengajak masyarakat untuk makan buah dan sayur.






Selain menyanyikan yel-yel yang berisi mengajak masyarakat untuk mengonsumsi buah dan sayur, mahasiswa juga menyampaikan sepuluh pesan gizi seimbang kepada masyarakat yang ada di sana. Sepuluh pesan yang digalakkan yaitu syukuri dan nikmati keanekaragaman makanan, banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan, konsumsi lauk pauk berprotein tinggi, konsumsi aneka ragam makanan pokok, batasi konsumsi makanan manis, asin & berlemak, biasakan sarapan pagi sebelum beraktivitas, minum air putih yang cukup dan aman, biasakan baca label pada kemasan makanan, biasakan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta berolahraga secara teratur dan jaga berat badan normal. Penyampaian sepuluh pesan gizi seimbang dilakukan melalui media spanduk yang berisi sepuluh pesan gizi seimbang dan diorasikan ketika rombongan berhenti pada titik yang telah ditentukan.





Acara peringatan Hari Gizi Nasional di car free day itu, cukup memikat minat masyarakat karena adanya pembagian produk gratis dari mahasiswa. Produk tersebut berupa es krim yang terbuat dari wortel dan buah naga. Pembagian produk ditujukan kepada anak-anak, namun ternyata produk tidak hanya diminati oleh anak-anak, tetapi juga lansia.
















First